Senin, 07 Mei 2012

Team Building Games


Team Building Games: Tupai dan Pemburu


Ads by Value Media
Team Building Games:  Tupai dan PemburuPendahuluan dan Persiapan
Permainan dapat dilakukan di ruangan yang cukup besar atau pun di halaman, dengan jumlah peserta tidak terbatas, lebih baik dengan jumlah kelipatan 3 plus 1. Misalnya 13, 16, 22, atau 31…dst.
Instruksi dan petunjuk permainan
  • Awalnya kita minta peserta membentuk lingkaran,
  • kemudian secara cepat kita minta mereka membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang, sehingga pasti akan tersisa satu orang yang tidak mempunyai kelompok.
  • Dari 3 orang tersebut kita minta satu orang menjadi tupai yang akan jongkok/merunduk, berada di antara 2 rekan lainnya yang membentuk pohon dengan cara berpegangan tangan saling berhadapan, seperti pada permainan “ular naga panjangnya”.
  • Fasilitator akan mulai dengan memberikan cerita, di mana dalam ceritanya akan diselipkan kata PEMBURU, ANGIN, dan BADAI.
    • Jika disebut kata PEMBURU, maka semua tupai harus pindah ke pohon yang lain, jadi berpindah ke kelompok lainnya, secepatnya.Pohon tetap diam di tempat.
    • Jika disebut kata ANGIN, maka yang berpindah adalah pohon, tanpa boleh melepas pegangan tangannya, mencari tupai yang lain.
    • Namun jika yang disebut adalah BADAI, maka semua harus berpindah dan berganti peran, boleh jadi tupai atau pohon dan sebaliknya.
  • Cerita akan dilanjutkan oleh satu orang yang tidak mendapat tempat/pasangan, dan diteruskan hingga beberapa kali
  • Pada saat berpindah, orang yang bercerita harus ikut segera mencari kelompok dan peran sebagai tupai/pohon yang kosong.
Variasi
  • Untuk lebih meriah, minta mereka untuk mencari kelompok / posisi yang ada di seberangnya pada saat melakukan perpindahan.
Artikel asli dan permainan team building games lain dapat dilihat di: TUPAI dan PEMBURU

Kontributor:

Andreas Purnawan. Lulusan Fakultas Psikologi dan Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Indonesia ini, telah mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Human Resources & Development sebagai praktisi, dengan posisi saat ini sebagai Group HR Manager di sebuah Multinational Company.
Dalam 10 tahun yang sarat dengan pengalaman sebagai praktisi, beliau juga aktif sebagai associate consultant di beberapa konsultan terkemuka di Jakarta.dan memperoleh world-wide certification dari DDI sebagai trainer/fasilitator serta terakreditasi untuk menganalisa DISC profiling.
Semangat berbagi ilmu dan berorganisasi juga mendorongnya untuk tetap berkiprah di beberapa kegiatan lain seperti sebagai dosen tamu di beberapa perguruan tinggi dan juga aktif di organisasi profesi.

Permainan-permainan Team Building (Ringkasan)

2,669 views
Posted by Chief Editor on October 22nd, 2008 No Comments Printer-Friendly
-- Sponsored Ads


Ads by Value Media
Team Building Games
Berikut ini disajikan ringkasan beberapa permainan ( team building games) yang biasa dipakai dalam training-training outbound atau team building training. Untuk posting-posting selanjutnya kami akan menyajikan games-games ini secara lebih detail..meliputi deskripsi, manual dan tujuan-tujuan dan makna dari setiap games ini.
Indosdm membuka kesempatan dan meminta kesediaan buat rekan-rekan anggota komunitas untuk berpartisipasi sebagai team penerjemah untuk proyek ini. Bagi yang bersedia menyisihkan waktunya terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih
Ikuti forum diskusi untuk topic games team building ini di Forum Indosdm
Atau hubungi saya di YM ID : avisdjamal atau Skype avisdjamal untuk diskusi
ALMOST INFINITE CIRCLE
Permainan :
Peserta diminta untuk dapat melepaskan tali yang terikat dengan tali pasangannya, dimana tali tersebut masing-masing terikat di kedua pergelangan tangan masing-masing orang.
Aturan Main :
  • Tidak boleh memotong tali.
  • Tidak boleh membuka simpul yang mengikat ke pergelangan tangan.
###
GRASS IN THE  WIND
Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan merubuhkan diri ke arah rekan kelompok  yang berdiri   di sekeliling nya ; dan rekan-rekan yang lain menahan dan kemudian mendorongnya  ke arah yang  lain.
Aturan Main :
  • kelompok membuat lingkaran kecil dengan posisi tangan di depan dada
  • satu anggota kelompok  berdiri di  pusat lingkaran.
  • peserta yang di tengah menjatuhkan  badan seperti kayu tumbang, dengan kaki yang tidak berpindah dan tetap rapat.
  • sisa kelompok yang  ada  bertugas menahan kemudian mendorongnya ke arah yang lain.
###
TRUST FALL
Permainan :
Pada permainan ini peserta secara bergantian akan bergantian akan menjatuhkan diri ke belakang dari sebuah platform yang tersedia dan rekan-rekan yang lain menangkapnya di bawah.
Aturan Main :
  • Yang Jatuh adalah mereka yang akan menerima aba-aba untuk menjatuhkan dirinya ke belakang dari Fasilitator.
  • Yang Menangkap adalah mereka yang menangkap Yang Jatuh.
  • Peserta yang akan menjatuhkan diri harus menanggalkan jam tangan, cincin atau kacamatanya terlebih dahulu.
  • Peserta yang menjatuhkan dirinya harus berdiri tegak dan kaku. Kedua tangan di samping badan atau terlipat di dada sambil memegang pundak. Berdiri membelakangi rekan-rekan yang akan menangkap.
  • Ketika menjatuhkan diri ke belakang, peserta dilarang membuka tangannya sehingga tidak memukul rekan yang menangkap di bawah.
  • Peserta yang menangkap membentuk dua barisan rapat, yang saling berdiri berhadapan dengan jumlah anggota barisan yang sama serta bahu saling bersinggungan dengan rekan sebaris. Masing-masing barisan membentuk bantalan mendarat yang kuat dan lentur dengan cara merentangkan tangan ke depan sejajar dengan bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan masing-masing tangan direntangkan berselang-seling dengan rekan pada barisan di depan.
  • Peserta yang menangkap dilarang mengepalkan tangan ketika menangkap.
###
X – Y Games
Permainan :
Setiap kelompok mewakili sebuah divisi  dalam perusahaan.  Tujuan kelompok adalah memaksimalkan keuntungan (profit) divisi.
Aturan Permainan
  • ke  4  kelompok dipisahkan   dari yang lain  dan tidak diperbolehkan berkomunikasi sepanjang  permainan
  • permainan dijalankan dalam beberapa putaran.  Untuk Setiap  putaran divisi harus  memilih  “X” atau  “Y”.  dilarang melanjutkan   putaran sebelum semua  divisi menentukan pilihannya
  • dalam  tiap putaran  ,  tiap divisi akan untung atau rugi  berdasarkan kombinasi  dari pilihan –pilihan tiap divisi  (lihat  profit/loss scoring table)
  • keunttungan dan kerugian akan dikumulasi. Catatan :  pada putaran  ke 5,  nilai akan  dikalikan 3 dan pada  putaran  8  dikalikan  5,  dan di putaran 10 dikalikan 10.
  • keputusan divisi memilih X atau Y didasarkan pada  kesepakatan  semua anggota divisi
    • tiapa anggota kelompok  harus memilih
    • gunakan aturan suara mayoritas
  • saat  divisi sudah memilih,  beritahu  kepada  fasilitator pilihan  tersebut. Jika  semua  divisi sudah  menentukan pilihan, wakil kelompok maju ke tempat yang ditentukan untuk kemudian menunjukkan pilihan divisi mereka masing-masing.
  • lihat kombinasi  pilihan  yang  ada, masukan skor. Lanjutkan ke putaran berikutnya
  • waktu tiap putaran  hanya   kurang lebih 2  minutes
###
TOXIC WASTE
Permainan :
Tim harus memindahkan cairan beracun dari satu container ke container yang lain.
Aturan Main :
  • Peserta tidak boleh berbicara satu sama lain.
  • Alat bantu yang dapat digunakan hanya berupa tali-tali yang tersedia.
  • Tidak boleh memasuki area radiasi, bila ada seorang peserta yang menginjak maka permainan harus diulang dari awal lagi.
  • Cairan tidak boleh tumpah, apabila tumpah permainan diulang dari awal.
  • Dianggap selesai bila tali-tali yang dipergunakan kembali keluar lingkaran.
Tipe      : Strategic Game
Target   : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
###
SPIDER WEB
Permainan :
Seluruh peserta harus berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain melalui sebuah jaring laba-laba raksasa dengan dibantu rekan yang lain.
Aturan Main :
  • Tidak boleh melalui lobang yang sudah pernah dilalui.
  • Badan dan pakaian tidak boleh menyentuh tali, tiang atau pohon tempat tali diikat.
  • Tidak boleh melakukan lompatan.
Tipe      : Strategic Game
Target   : team work dalam mencapai target, inovasi-kreativitas , disiplin
###

TOWER BUILDING

Tugas :
  • Tim harus bekerja sama membangun sebuah menara dari alat/bahan yang disediakan
  • Kelompok juga diminta untuk mengambil benda tertentu yang berada di udara.
  • Tim juga harus membuat bendera dan memasangnya di ujung tower
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar